Transform ,Connect, Shine : 3 Strategi Memperbaiki Daya Saing Karyawan

Secara pribadi saya sangat meyakini bahwa harta terbesar seorang manusia adalah dirinya sendiri, maka pantas jika SDM dalam hal ini tim dari top manajemen hingga karyawan level bawah adalah harta yang tak ternilai yg dimiliki oleh perusahaan manapun di dunia ini. Pertanyaannya bagaimana menggunakan harta ini agar menghasilkan sesuatu yang lebih besar untuk diri mereka sendiri dan perusahaan ?   ini perkara yang sulit untuk dijawab.




Orang bijak berkata” jangan berharap hasil yang sama dengan cara yang sama” maka sungguh haram jika kita mengharap perubahan besar dalam hidup kita termasuk perusahaan jika masing-masing individu tidak berusaha memperbaiki diri. Sayapun menyadari bahwa , kita harus merubah kualitas pribadi seluruh tim agar punya daya saing. Untuk itulah transformasi individu menjadi hal penting dalam program di perusahaan saya tahun ini. 

Transformasi individu ini menurut saya harus dilakukan dalam tiga hal, yaitu Phisically  (hal yg tampak secara fisik), Knowledge (pengetahuan) , dan Habit (kebiasaan). Mari kita mulai dengan membahas masalah fisik . perlukan kita memperhatikan penampilan ? jawabannya adalah, siapa yang mau bertransaksi dengan orang yang penampilannya saja tidak meyakinkan ? siapa yang mau meeting berlama lama dengan orang yg badannya bau ? dan sebagainya.

Kita harus memperbaiki aspek fisik kita, yaitu aspek yang  terlihat,  yang dapat didengar dan tentunya dapat dirasakan oleh indra penciuman orang lain. Singkat kata perbaikilah penampilan kita dari ujung kaki hingga rambut, pastikan bahwa badan  wangi dan yang tak kalah penting, bagaimana kita mengatur cara kita berkomunikasi dengan orang lain. 

Transormasi tahap kedua adalah perubahan dari sisi knowledge. Semakin banyak hal yang kita tahu dan semakin fokus kita pada satu keahlian itu semakin baik. Ketika seseorang menyebut nama kita, kira-kira apa keahlian kita yang terbayang dalam pikirannya? Mulailah mengosonkan gelas dan belajar sebanyak mungkin. Dalam dunia bisnis, pengetahuan tentang leadership, manajemen, bahkan cara berkomunikasi khususnya presentasi dan negosiasi adalah hal mutlak yang harus dimilki.

Lantas apakah semuanya sudah cukup ? belum !. Masih ada satu hal selain transformasi fisik dan pengetahuan, yaitu habit atau kebiasaan. Apakah kita selama ini cukup disiplin dalam menjalankan strategi agar hidup jadi lebih baik ? jam brapa kita tidur ? berapa buku yang kita baca sebulan ? berapa lama kita habiskan waktu main game? Mari memulai hidup dengan membiasakan diri menjalankan kebiasaan yang baik termasuk olahraga.

Itulah tiga hal dalam program transformasi individu yang bisa saya share kali ini. Semoga saya bisa belajar lebih banyak dan berbagi lebih banyak ilmu dan pengalaman dengan Anda. Nantikan tulisan saya selanjutnya tentang Strategi  Connect dan shine 
Rizal Kasim
Rizal Kasim

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar